Zidane Iqbal, Pencuri Perhatian dari Timur Tengah

Zidane Iqbal, Pencuri Perhatian dari Timur Tengah

Oleh: Muhammad Fachri Akmal Pasha (@Akmalpasha_)

Hasil 4-0 dalam laga pra-musim Bangkok Century Cup antara Manchester United dan Liverpool, Selasa (12/7), cukup mengejutkan jagat sepak bola. Penampilan Manchester United yang baru menjalani laga pertama di bawah arahan Erik Ten Hag dinilai cukup impresif. Dalam laga hal yang demikian, kedua tim sempurna menampilkan lebih dari 50 pemain untuk silih berganti unjuk kebolehan.

Laga pra-musim itu tentu menjadi fasilitas tersendiri bagi pemain muda dan pemain baru untuk “cari muka” di depan sang arsitek tim. Tyrell Malacia, pemain baru Man United yang dinanti-nanti penampilannya, justru keok menonjol dari Zidane Iqbal. Di sisi lain, kegemilangan pemain muda Man United itu hakekatnya tak terlalu mengejutkan.

Sebelumnya, Iqbal sempat dipuji oleh staf Ten Hag atas performanya dalam sesi latihan. Hasil latihan itu ternyata terbawa ke laga pra-musim pertama mereka. Ketenangan Iqbal di lini tengah United seakan memberi secercah harapan dalam menghadapi gegenpressing ala Jurgen Klopp yang diterapkan Liverpool dalam laga hal yang demikian.

Salah satu peristiwa paling emas darinya merupakan giringan bola yang ia lakukan entah berapa kali dan juga ketika ia memamerkan visi dan operannya dengan long pass kepada Anthony Elanga yang sayangnya terjebak offside. Bisa dilihat kecakapan Iqbal ketika menghadapi pemain-pemain senior Liverpool yang diturunkan pada babak kedua dalam video berikut.

https://twitter.com/academyarenaUTD/status/1546890800730087426″>

Lalu, siapakah bocah Timur Tengah yang mencuri perhatian ini?

Local Boy Manchester Berdarah Irak

Iqbal merupakan local boy Manchester berkewarganegaraan Irak. Bocah kelahiran 2003 itu tercatat telah menekuni sepak bola semenjak tahun 2007 dengan tim Sale United. Pada tahun 2012, Zidane akhirnya masuk ke skuad muda Manchester United.

Baca juga:  5 Klub yang lantas Degradasi Setelah Menang, Nomor 1 dari Indonesia : Liga Judi

Gelandang bernomor punggung 73 ini awalnya merupakan pemain yang lebih berorientasi untuk menyerang. Hal ini nampak dari statistiknya ketika membela skuad Man United U18 dengan catatan tujuh gol dan satu assist dalam 16 laga. Akan tetapi, peran Iqbal mulai bergeser ketika masuk kelompok umur lain. Hal ini membuatnya bisa beroperasi hampir di tiap posisi lini tengah.

Dalam laga menghadapi Liverpool, Iqbal nampak sebagai sosok yang komplit. Pemain asal Irak hal yang demikian nampak mempunyai atribut mengoper, menggiring, dan visi bermain yang cukup bagus dalam laga menghadapi Liverpool. pun, ia kapabel memanfaatkan kelincahan yang dimilikinya untuk situasi bertahan, seperti merebut bola.

Ten Hag mengaku kaget dengan kecakapan pemain hal yang demikian. Dilansir dari laman Metro, sang manajer juga mempertanyakan kenapa sang pemain belum diberi banyak peluang di skuad utama selama ini.

hakekatnya, laga pra-musim menghadapi Liverpool bukanlah penampilan pertamanya bagi skuad senior Man United. Iqbal sebelumnya pernah didebutkan pada laga pamungkas fase grup UCL bersamaan dengan koleganya, Charlie Savage. Hanya saja pelatihnya dikala itu, Ralf Rangnick hanya memberi mereka peluang untuk memasuki lapangan beberapa menit saja sebelum perlombaan usai. akibatnya, tak banyak yang bisa diketahui dari pemain satu ini, lebih-lebih bagi penggemar yang tak demikian itu mengeksplor skuad muda.

Prospek Pemain Muda

Bagi penggemar Man United, adanya talenta-talenta muda ini merupakan angin segar sekaligus kabar gembira. Pasalnya, Ten Hag cukup dikenal sebagai pelatih yang gemar mengorbitkan talenta-talenta muda akademi. Ketika menjabat sebagai manajer Ajax saja, Erik tercatat telah menjajal dan mengorbitkan 21 nama pemain akademi. Beberapa nama populer di antaranya merupakan Noussair Mazraoui, Ryan Gravenberch, Mitchell Bakker, Sergino Dest, Jurrien Timber, dan Brian Brobbey.

Baca juga:  Reaksi Mengejutkan Cristiano Ronaldo Menjelang Laga Playoff Piala Dunia 2022 Tim nasional Portugal vs Turki : Liga Judi

Sementara bagi Man United, pemain macam Marcus Rashford, Jesse Lingard, Scott McTominay, dan Mason Greenwood mungkin merupakan nama-nama terkini yang cukup bersinar setelah diorbitkan dari tim junior. telah lama semenjak arsitek Man United benar-benar memanfaatkan pemain-pemain muda dari akademi seperti yang pernah dikerjakan Sir Alex Ferguson pada masa jayanya. seandainya benar, karenanya pendukung Man United bisa sedikit berekspektasi dengan projek pemain muda Man United yang semoga saja akan direalisasikan oleh Ten Hag.

Untuk kasus Iqbal sendiri, manajemen Man United tampaknya memang telah mengendus potensi kecakapan pemain yang satu ini. Tim berjuluk Setan Merah ini telah mengamankan tanda tangan sang pemain dengan menyodorkan kontrak pada bulan Juni lalu. Kontrak ini akan membikin sang pemain bertahan di Old Trafford hingga tahun 2025 mendatang dengan opsi perpanjangan setahun. kini, pilihannya terserah pada Ten Hag: memanfaatkannya atau menggugurkannya seperti yang telah-telah?


https://twitter.com/ManUtd/status/1541753455605415936″>

Adakah Tempat?

Lini tengah menjadi salah satu lini yang paling disorot dari skuad Man United. Menumpuknya pemain di lini hal yang demikian tampaknya tak dibarengi dengan kualitas yang benar-benar mumpuni untuk tim sekaliber Man United. Hal itu pula yang membikin Ten Hag ngotot ingin mendatangkan eks si kecil asuhnya, Frenkie de Jong ke Old Trafford.

Di satu sisi, lini tengah United yang “gemuk” membikin Ten Hag mempunyai banyak opsi untuk mengerjakan rotasi. Belum lagi, adanya para pemain-pemain muda seperti Iqbal yang cepat atau lambat pasti akan Memperoleh peluang menunjukkan kemampuannya dalam laga kompetitif. Tentunya masih terlalu jauh untuk mengatakan bahwa pemain 19 tahun ini bisa mengisi kekosongan lini tengah Man United. Namun, bukan tak mungkin bahwa Iqbal bisa menjadi pilihan bagi Ten Hag untuk merotasi lini tengahnya. Kemungkinan itu tentunya masih terbuka lebar karena Setan Merah akan tampil dalam empat persaingan berbeda di musim depan.

Baca juga:  Gareth Southgate Beberkan Penyebab Tetap Panggil Harry Maguire ke Tim indonesia Inggris : Liga Judi

segala pihak tentunya menaruh harapan besar kepada Iqbal dan para pemain muda lainnya untuk bisa terus meningkatkan kecakapan mereka. Para pemain ini wajib terus disiplin dan bekerja keras supaya bisa memenuhi ekspektasi bos asal Belanda hal yang demikian. Akan betul-betul disayangkan apabila para talenta muda ini hanya usai sebagai penghangat tempat duduk cadangan atau “pemain panggilan” yang hanya bolak-balik dipinjamkan ke klub lain.

Sumber

Transfermarkt.com

https://www.manutd.com/en/players-and-staff/detail/zidane-iqbal

https://www.unitedinfocus.com/news/the-21-ajax-academy-stars-handed-first-team-debuts-by-new-manchester-united-boss-erik-ten-hag/

https://www.dailymail.co.uk/sport/football/article-11007893/Manchester-United-fans-laud-Zidane-Iqbal-following-stellar-performance-against-Liverpool.html

https://www.givemesport.com/88033450-zidane-iqbals-highlights-from-man-utd-4-0-liverpool-are-very-impressive

https://www.bola.net/inggris/wonderkid-irak-zidane-iqbal-usai-sah-perpanjang-kontrak-di-manchester-united-alhamdulillah-7d6559.html

https://en.wikipedia.org/wiki/Zidane_Iqbal

https://metro.co.uk/2022/07/03/erik-ten-hag-surprised-man-utd-youngster-zidane-iqbal-hasnt-played-more-after-impressing-in-preseason-16934124/

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami merupakan Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.