Tinjauan Indonesia vs Timor Leste: Menang dengan Catatan

Tinjauan Indonesia vs Timor Leste: Menang dengan Catatan

Tim Nasional Indonesia Mendapat tiga nilai pertamanya setelah menumbangkan Timor Leste dalam lanjutan Grup A SEA Games 2021. Indonesia menang dengan skor telak 4-1 pada laga kedua yang dijalani di stadion Vietri, Selasa (10/5).

Setelah tumbang di tangan tuan rumah, Vietnam, dalam laga pertama, Indonesia tak mempunyai pilihan selain menang di perlombaan kedua demi menjaga peluang lolos. Pelatih Shin Tae-yong pun mengganti empat pemain di susunan sebelas pertama. Kiper Adi Satryo diganti dengan Ernando Ari. Sementara, Alfeandra Dewangga, Syahrian Abimanyu, serta Witan Sulaeman yang tampil sebagai pemain substitusi vs Vietnam lantas turun semenjak menit pertama.

Empat pergantian hal yang demikian menggambarkan keinginan STY untuk lantas menekan Timor Leste semenjak permulaan perlombaan dan mencetak gol sebanyak-banyaknya. Namun, justru malah sang lawan yang mengambil inisiatif menyerang lebih dahulu. Tekanan yang diberi, serta kesalahan individu dari Marc Klok, membikin Timor Leste Mendapat hadiah pinalti pada menit kedua. Beruntung, Ernando cakap menepis eksekusi Mouzinho.

Indonesia baru mulai menguasai tempo perlombaan setelah 10 menit perlombaan berjalan. Hasilnya, pada menit ke-15, Indonesia sukses membuka keunggulan setelah umpan kunci Abimanyu diteruskan oleh Rizky Ridho melewati sundulan untuk memberikan asis kepada Egy Maulana Vikri.

Permasalahnnya setelah itu, Timnas Indonesia kesulitan mencetak gol tambahan di babak pertama, organisasi permainan dan transisi bertahan ke menyerang yang diterapkan masih tak maksimal. Hal ini dikarenakan tekanan pemain Timor Leste kepada pemain-pemain Indonesia, sehingga memaksa Indonesia melepaskan bola dengan cepat dan juga melaksanakan kesalahan-kesalahan operan. Lini depan juga gagal mengkonversi beberapa peluang emas menjadi gol.

Hadirnya Asnawi berikan perubahan

Di babak kedua, STY lantas melaksanakan dua pergantian pemain, Saddil Ramdani masuk menggantikan Egy dan Asnawi Mangkualam masuk menggantikan Ilham Rio Fahmi. Kehadiran Asnawi memberi perubahan besar dalam permainan Indonesia secara keseluruhan. Selain kuat dalam bertahan, Asnawi juga membikin serangan di sisi kanan meningkat. Pemain Ansan Greeners itu kerap kali menusuk kotak pinalti lawan dan memberikan ancaman melewati umpan silang terukurnya.

Baca juga:  authorized, Hanif Sjahbandi Gabung Persija Jakarta : Liga Judi

Masuknya Saddil dan Asnawi turut mengubah pola permainan Indonesia yang jadi lebih bermain melebar, memaksimalkan luas lapangan. Sisi kanan dan kiri bergantian melancarkan serangan melewati bola atas. Hasilnya, indonesia kembali mencetak dua gol tambahan dengan memanfaatkan keunggulan.

Gol kedua dicetak pada menit ke-52 oleh Witan, berawal dari lemparan ke dalam yang dilaksanakan oleh Dewangga. lemparan jauh yang lantas mengarah ke muka gawang Timor Leste itu disambut oleh sundulan Witan yang tak cakap dijangkau kiper Timor Leste.


tak lama kemudian, gol kembali tercipta untuk Indonesia dengan cara yang hampir sama dilaksanakan oleh Fachrudin pada menit ke-58. Berawal dari tendangan sudut yang menghasilkan kemelut di depan gawang Timor Leste, Fachrudin yang mempunyai postur tinggi itu sukses menyarangkan gol dengan sundulan kepalanya, sehingga membikin Indonesia unggul dengan skor 3-0.

Kekurangan Timnas Indonesia

Setelah unggul 3-0, STY kembali melaksanakan pergantian pemain. Pada menit ke-65, Klok ditarik keluar digantikan oleh Marcelino dengan harapan cakap menambah daya serang Timnas. Namun, pergantian hal yang demikian justru kehilangan gelandang bertahan membikin pertahanan Indonesia khususnya di lini tengah menjadi kosong, sehingga Timor Leste cakap mencuri satu gol pada menit ke-68 yang dicetak oleh Mouzinho melewati serangan dari lini tengah.

Timor Leste cukup eksplosif dikala gelandang bertahan Indonesia keluar. Namun, permainan pressing di babak pertama agaknya membikin pemain Timor Leste kelelahan di babak kedua sehingga tak cakap mengembangkan permainan dan menambah gol.

Saddil dan Witan cakap memanfaatkan kelengahan itu dengan serangan cepat. Berawal dari umpan Ricky Kambuaya, Saddil yang berlari di sisi kanan tak bisa dikejar pemain Timor Leste, kemudian disusul Witan yang berlari di tengah siap menyambut umpan Saddil dan lantas melesatkan tendangan berbuah gol pada menit ke-77.

Baca juga:  Ketua Komisi X DPR RI: Naturalisasi mesti Ditempatkan pada Substansi yang Tepat!

Skor 4-1 bertahan hingga berakhirnya perlombaan, Indonesia tak cakap menambah gol meski mempunyai banyak peluang tercipta. sepanjang perlombaan tercatat Indonesia menguasai 60% bola dan membikin 28 tendangan, 11 di antaranya tepat target. Hal ini bisa menjadi bahan evaluasi STY dalam hal efektifitas lini depan untuk menghadapi perlombaan selanjutnya melawan Filipina, Jumat (13/5).

Kemenangan ini memang penting untuk menjaga asa Indonesia lolos fase grup, namun tentu saja perjuangan untuk lolos masih akan susah. dikala ini Indonesia masih duduk di peringkat empat klasemen sementara grup A, dan perlombaan selanjutnya akan menghadapi tim yang relatif lebih kuat, Filipina dan Myanmar.

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami ialah Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.