Tinjauan Grup A Piala Presiden 2022

Tinjauan Grup A Piala Presiden 2022

Turnamen pra-musim bertajuk Piala Presiden 2022 digelar sebagai persiapan menatap liga. Turnamen pra-musim akan membawa nuansa kompetitif Liga 1. Pasalnya, klub yang berpartisipasi seluruhnya merupakan klub kontestan Liga 1 musim 2022/23. Hakikat turnamen pra-musim yang seharusnya menjadi gelanggang pemanasan dan meningkatkan fitness level sepertinya akan terlanjur panas sebelum liga bergulir.

Turnamen ini terbagi dalam empat grup. Dua grup berisi lima tim dan dua grup sisa berisi empat tim. Per grup mempunyai rumah untuk bertanding. Grup A di kota Solo, Grup B Samarinda, Grup C Bandung, dan Grup D Malang. tiap-tiap tim akan bertanding melawan saingannya di masing-masing grup. Tim yang menempati posisi satu dan dua klasemen grup akan dipastikan lolos menuju babak perempat final, dan seterusnya hingga babak final.

Grup A dihuni oleh tiga klub dari Jawa Tengah, yakni Persis Solo (tuan rumah), PSIS Semarang, dan PSS Sleman (Kabupaten Yogyakarta). Dan dua klub yang bertempat di Tangerang, yakni Persita Tangerang dan Dewa United.

Persis Solo

semenjak berkompetisi di Liga 2 2021/22, Persis sungguh-sungguh berambisi menembus Liga 1 dengan mendatangkan pemain dari klub divisi teratas Indonesia itu. Nama-nama seperti Irfan Bachdim (PSS Sleman), Abduh Lestaluhu (Persikabo 1973), Sandi Sute (Persija Jakarta), Ferdinand Sinaga (Persib Bandung), Fabiano Beltrame (PSS Sleman), Agus Nova (Bali United) dan masih banyak lagi pemain Liga 1 yang turut andil dalam membawa Persis menjuarai Liga 2 2021/22.

Kini, ketika tampil di pentas tertinggi sepakbola Indonesia, Persis menyiapkan segalanya dengan serius. Ketika jendela transfer dibuka, Persis secara masif memboyong pemain. Persis memboyong sempurna sementara 19 pemain, diantaranya:

Penjaga gawang: Muhammad Riyandi dan Gianluca Pandeynuwu.

Bek: Aaron Evans, Andri Ibo, Ikhwan Ciptadi, Yulius Pamungkas, Gavin Kwan, Kevin Gomes, Dika Kuswardani (Junior).

Tengah: Taufiq Febriyanto, Firmansyah, Susanto Tan, Hamsa Lestaluhu, Zanadin Fariz (Junior), Ilham Fathoni.

Penyerang: Althaf Indie, Gerard Artigas, Sunawan, Samsul Arif.

Jacksen F Tiago yang membawa Persis juara tentu paham apa kebutuhan timnya kala bertarung di Liga 1. Pun dengan dirinya telah berpengalaman dan kenyang akan melatih tim di liga teratas.

Salah satu pemain yang perlu disoroti yaitu Samsul Arif. Samsul bermain untuk Persebaya Surabaya di musim 2021/22 dan sukses mencetak 11 gol. Di tengah gempuran pemain asing, Samsul masuk ke dalam daftar pemain lokal dengan jumlah gol dua digit bersama Dimas Drajad dengan jumlah gol serupa. Meskipun bukan berusia emas pemain sepakbola, namun dirinya membuktikan bila umur hanyalah sebuah angka.

Baca juga:  Daftar Harga karcis Tim indonesia Indonesia U-19 Vs Tim indonesia U-19 Korea Selatan, Mempersiapkan Tonton? : Liga Judi

Dengan segala persiapannya, patut dinanti kejutan seperti apa yang akan dipersembahkan oleh tim promosi ini.

PSIS Semarang

PSIS Semarang duduk di posisi tujuh klasemen akhir Liga 1 2021/22. Sempat tancap gas di permulaan-permulaan musim, PSIS justru seperti kehabisan bensin di beberapa sisa laga terakhir Liga 1. Di putaran kedua Liga, PSIS hanya membukukan empat kali kemenangan saja.

Laskar Mahesa Jenar seakan ingin melaksanakan start lebih dahulu dalam urusan persiapan. Bagaimana tak, belum lama Liga 1 usai, dua pemain bintang dari dua tim lima besar diboyongnya. Pemain terbaik Liga 1 2021/22, Taisei Marukawa (Persebaya Surabaya) dan pencetak gol terbanyak kedua Liga 1 2021/22, Carlos Fortes (Arema FC).

Selain dua pemain bintang hal yang demikian, PSIS memboyong beberapa komplementer untuk musim 2022/23, diantaranya:

Penjaga gawang: Ray Redondo

Bek: Alie Sesay

Tengah: Guntur Triaji, Delvin Rumbino, Wawan Febrianto, Oktavianus Fernando

Sempat menjadi polemik ketika pemanggilan pemain diutamakan, meski posisi kursi pelatih masih kosong. Namun, PSIS pada akhirnya meresmikan pelatih barunya pada hari Jumat, 10 Juni 2022. Sergio Alexandre ditunjuk sebagai pelatih PSIS, setelah sebelumnya menunggangi Persiraja Banda Aceh musim 2021/22. Menjadi tugas besar bagi Sergio untuk menunggangi skuad potensial dari PSIS, secara khusus dihuni oleh Marukawa dan Fortes di dalamnya.

Fortes merupakan pemain anyar, sekaligus yang perlu disoroti. Fortes menjadi pemain yang mempunyai peran besar dan berkontribusi dalam penampilan Arema FC sebagai tim yang berlabuh di urutan empat Liga 1 2021/22. Dari 44 gol yang dicetak oleh Arema, hampir setengahnya dicetak oleh Fortes, yakni sebanyak 20 gol.

Selain itu, Marukawa siap menjadi pelayan bagi Fortes. Di musim 2021/22 bersama Persebaya, Marukawa mengemas 10 assist, sekaligus menjadi pemain dengan assist terbanyak.

Dewa United

Identitas baru Martapura FC menjadi Dewa United diresmikan permulaan tahun 2021, tampil mengejutkan dengan lolos melaju ke Liga 1 2022/23. DU lolos setelah bertanding dengan PSIM Yogyakarta di perebutan tempat ketiga. Melalui gol semata wayang Herman Dzumafo, DU melenggang lolos menjadi salah satu kontestan Liga 1.

Baca juga:  Hadir di Kongres FIFA Ke-72, PSSI Dukung Upaya FIFA Lawan Local weather Change : Liga Judi

Persiapan DU dalam menatap Liga 1 sama seperti layaknya Persis yang mendatangkan banyak pemain. Bedanya, DU hanya mendatangkan pemain dengan label yang tak terlalu “bintang”. Beberapa pemain yang didatangkan oleh DU, diantaranya:

Penjaga gawang: Deden Natsir, Utam Rusdiana, Syamsuddin Syaiful

Bek: Risto Mitrevski, Anwar Sani, Mokhamad Syaifuddin, Diaz Angga


Tengah: Diya Ramadhan, Asep Berlian, Ichsan Kurniawan, Natanael

Penyerang: Dennish Diaz Himawan, Feby Eka, Sugeng Efendi, Subhan Fajri, Fahmi Al-Ayyubi

Dinahkodai oleh Nil Maizar yang baru saja diperkenalkan tanggal 4 April 2022, diperuntukkan untuk mempersiapkan menatap Liga 1. Nil Maizar pun merupakan sosok pelatih yang tak asing dengan Liga 1, mengingat dirinya merupakan langganan melatih tim Liga 1.

Subhan Fajri, merupakan pemain muda anyar yang baru saja diboyong dari Persiraja Banda Aceh patut disoroti. Mengenyam pengalaman dengan skuad Garuda Select, Subhan mendapat panggilan Timnas Indonesia U 23 untuk mengarungi Piala AFF U 23 2022. Namun, Subhan gagal unjuk gigi karena Indonesia batal tampil. Dengan semacam itu, kualitasnya sebagai pemain sayap patut dinantikan.

Persita Tangerang

Persita Tangerang finish di posisi 12 klasemen akhir Liga 1 musim 2021/22. Penampilan yang stagnan membikin Persita tak beranjak dari papan tengah klasemen Liga 1. Menjadi klub papan tengah Liga 1 2021/22, Persita melaksanakan beberapa perombakan untuk menatap musim selanjutnya.

Pelatih ternama, yakni Alfredo Vera didatangkan sebagai nahkoda tim berjuluk Pendekar Cisadane hal yang demikian. Alfredo tiba di Persita setelah sebelumnya melatih Persipura Jayapura yang pada akhirnya terdegradasi. Meski terperosok, Alfredo kapabel memperbaiki penampilan Persipura di akhir-akhir pekan Liga. Persaingan sengit di lembah degradasi dengan Barito menjadi akhir yang antiklimaks bagi Persipura.

Selain dengan segarnya pelatih baru, Persita pun terbilang banyak memboyong pemain segar untuk Liga 1 2022/2023, diantaranya:

Penjaga gawang: Rizky Darmawan, Dhika Bayangkara, Dede Sulaiman

Bek: Abu Rizal, Irvan Febrianto, Muhammad Rifqi, Mario Jardel, Dominggus Fakdawer, Yohanes Kandaimu

Tengah: Nelson Alom, Dadang Apridianto, Ghozali Siregar

Baca juga:  Tim nasional Argentina Imbang dengan Tim nasional Ekuador, Lionel Scaloni Puji sang Lawan : Liga Judi

Penyerang: Heri Susanto, Oktovianus Karisago, Ramiro Fergonzi

Ramiro Fergonzi perlu menjadi sorotan tim ini. Pasalnya, pemain asing ini tampil mengesankan ketika kedatangannya di pertengahan musim membela Persipura. Dari 14 penampilan, Fergonzi mencetak tiga gol dan tiga assist. Pun dengan penampilannya ketika itu di bawah asuhan Alfredo.

PSS Sleman

Perjalanan Super Elja di Liga 1 musim 2021/22 sungguh-sungguh berliku. PSS Sleman seperti kehilangan terkamannya dikala itu. PSS menelan 15 kali kekalahan, sembilan imbang, dan 10 kali kemenangan. malahan, PSS Sleman di pekan-pekan terakhir liga sempat terancam degradasi. PSS pada akhirnya finis di posisi 13 dengan mengemas 39 nilai.

Kini, menatap Liga 1 2022/23, PSS kembali mendatangkan pelatih yang membawa kejayaan ketika PSS dipastikan lolos ke Liga 1 musim 2019. Ia yaitu Seto Nurdiyantoro. Diumumkannya Seto menunggangi PSS kembali menjadi harapan baru di tengah keriuhan yang terjadi pada PSS musim 2021/22.

PSS mempersiapkan pemain untuk Liga 1 2022/23 dengan mendatangkan pemain baru, diantaranya:

Penjaga gawang: Jandia Eka, Try Hamdani, Muhammad Ridwan

Bek: Dedy Gusmawan, Rizza Fadillah, Marckho Merauje, Ibrahim Sanjaya

Tengah: Todd Ferre, Fandi Utomo

Penyerang: Boaz Solossa, Miftahul Hamdi, Riki Dwi Saputro

Boaz Solossa menjadi pemain yang perlu disoroti. Pasalnya, ia merupakan pemain yang kenyang akan pengalaman dalam mengolah si kulit bundar. Selain itu, wajah yang kita ketahui Boaz sebagai Persipura kini telah menjadi bagian dari tim lain. Di musim 2021/22, Boaz berlabuh di Borneo FC dan kini di PSS.

Di klub sebelumnya, Boaz memang minim menit bermain. Dari 22 penampilan, Ia bermain penuh hanya di dua perlombaan. Beberapa kali Boaz digantikan, malahan bermain sebagai pemain substitusi. Boaz hanya mengemas tiga gol dan satu assist.

Namun, kali ini mungkin kita patut saksikan aksi Boaz sebagai generasi striker lokal tajam di era gempuran striker asing dan krisis striker lokal.

Seperti yang ditulis pada alinea-alinea permulaan, bila turnamen ini yaitu sebagai gelanggang persiapan, malahan sebagai judgment day untuk klub yang akan berlaga di Liga 1 2022/23. Keputusan itu meliputi, diberhentikannya pemain uji coba, atau memutuskan siapa saja pemain yang berpotensi menghuni skuad utama di liga.

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami yaitu Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.