Dugaan Suap Liga 3 Sudah Memenuhi Unsur Pidana

Mengeksplorasi Potensi Ekonomi dalam Persepakbolaan Indonesia

Oleh: Muhammad Rizky (@muhrizky22)

tak bisa dipungkiri sekiranya sepakbola merupakan salah satu olahraga terpopuler di dunia. Betapa tak, berdasarkan catatan FIFA, gelaran Piala Dunia Rusia tahun 2018 silam cakap menyita atensi empat miliar penonton. Jumlah ini diklaim setara dengan separuh jumlah populasi umat manusia di dunia.

Bukan hanya perhelatan bergengsi Piala Dunia yang rutin diselenggarakan oleh FIFA tiap empat tahun, persaingan sepakbola lain juga tak kehilangan pamor. Sebagai figur, Liga Champions Eropa yang digelar tiap tahun dengan melibatkan klub-klub terbaik benua biru telah dinobatkan oleh Guinness World Record sebagai persaingan olahraga terbesar dalam sejarah.

Fakta-fakta hal yang demikian membikin potensi nilai ekonomi di sepakbola menjadi demikian itu besar. Berdasarkan laporan Deloitte (2021), pangsa pasar sepakbola Eropa pada tahun 2020 mencapai EUR 25,2 Miliar atau sekitar Rp 393,9 Triliun. berdasarkan laporan hal yang demikian, besarnya nilai itu berasal dari tiga sumber pendapatan, yaitu matchday, hak siar (broadcast), dan pendapatan komersial.

Selain itu, pengaruh besar sepakbola kepada perekonomian suatu negara juga bisa ditemui pada pagelaran Liga Inggris. berdasarkan laporan EY (2022), pada tahun 2020 persaingan ini cakap berkontribusi kepada pendapatan pajak negara sebesar GBP 3,6 Miliar atau Rp 65,2 Triliun, melibatkan 94.000 pekerja, dan memberikan nilai tambah pada PDB Inggris hingga GBP 7,6 Miliar atau Rp 137,6 Triliun.

Berkaca pada sejarah, kontribusi hal yang demikian tak lepas dari sejarah reformasi Liga Inggris pada 1992. Kala itu, klub-klub besar di wilayah Inggris bersepakat untuk memisahkan diri dari Football League dan membentuk format persaingan baru yang bisa menarik sponsor dan hak siar secara eksklusif di bawah naungan sebuah perusahaan operator liga. Sebagai efeknya, pihak klub cakap memperoleh peningkatan neraca keuangan secara signifikan. Reformasi hal yang demikian pada akhirnya terbukti sukses membawa Liga Inggris sebagai liga terbesar di dunia hingga dikala ini.

Baca juga:  Kisah Edgar Davids, Pesepak Bola Prime Berkacamata Nyentrik : Liga Judi

Potensi komoditi Sepakbola Dalam Negeri

Sementara itu, sepakbola sebagai komoditi ekonomi juga tak keok potensial di dalam negeri. berdasarkan kajian PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), nilai ekonomi persaingan Liga 1 bisa mencapai Rp 3 Triliun, menggerakkan sektor akomodasi, transportasi, dan merchandise, serta menyerap sekitar 112.000 pekerja (Kontan, 2021). Meskipun demikian itu, sepak bola dalam negeri tetap membutuhkan pengembangan yang lebih terorganisasi guna menciptakan multiplier effect yang lebih signifikan.

Pemerintah sejatinya telah mempunyai dasar hukum strategis terbaru yang mengatur Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui undang-undang Presiden Nomor 86 Tahun 2021. Perpres dimaksud salah satunya bertujuan untuk memajukan perekonomian nasional berbasis olahraga dan mengembangkan industri olahraga dalam format kegiatan bisnis di bidang hal yang demikian.

undang-undang ini didukung penetapan 14 cabang olahraga prioritas prestasi nasional yang mayoritas mengandalkan ketepatan dan teknik. Selain itu, terdapat pula tiga cabang olahraga lain yang dipertimbangkan sebagai olahraga industri, salah satunya merupakan sepak bola. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan sepak bola juga telah menjadi perhatian pemerintah mengingat tingginya atensi masyarakat luas, meskipun belum memungkinkan untuk berprestasi dalam waktu dekat.


Tiga Esensial Mengoptimalkan Potensi Ekonomi Sepakbola

Setidaknya terdapat beberapa upaya esensial untuk mengoptimalkan potensi ekonomi persepakbolaan dalam negeri. Pertama, pemerintah bisa menyiapkan insentif bagi investasi infrastruktur sepak bola dan pengembangan sepak bola umur dini. Insentif hal yang demikian bisa berupa potongan pajak atau dukungan lain dalam format kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Investasi sepakbola ini diharapkan akan menarik atensi para investor untuk turut menyediakan fasilitas pembinaan yang berkualitas di Indonesia.

Kedua, pemerintah melalui Kemenpora dan dibantu oleh PSSI bisa memacu pembangunan persaingan yang berkualitas dan berjenjang. Faktor persaingan amat dibutuhkan sebagai keberlanjutan dari hasil pembinaan yang telah dilalui. persaingan yang dibangun juga bisa dihasilkan berjenjang pada bermacam-macam level umur yang berawal dari level akar rumput. bagus dari sepak bola amatir, hingga level tertinggi pada sepak bola profesional. Selain itu, persaingan semestinya dilengkapi dengan standar ketat guna menjaga kualitas pembinaan yang berdaya saing.

Baca juga:  Followers PSG Sorak Lionel Messi juga Neymar Jr ketika Bermain, Ronaldinho Gak Kaget

Ketiga, para pemangku kepentingan sepak bola juga perlu meningkatkan kualitas kompetensi sumber daya manusia, bagus dari segi pekerjaan sepak bola ataupun dalam hal manajemen klub dan tim nasional. nilai ini menjadi krusial untuk mendorong pengelolaan sepak bola yang bersih dan profesional sehingga bisa meningkatkan kepastian imbal hasil investasi (expected return on investment) yang lebih bagus bagi para investor.

Terakhir, PSSI dan klub profesional bisa memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menggaet keterlibatan suporter sepak bola di Indonesia yang cukup fanatik. Peluang ini bisa diterjemahkan melalui pembuatan platform komputerisasi yang memberikan one stop solution sebagai wadah branding dan optimalisasi arus pendapatan utama, seperti iklan komputerisasi (adsense), merchandise, karcis, dan industri kreatif lain yang bertemakan sepak bola.

Sebagai penutup, pengembangan sepak bola di Indonesia membutuhkan kolaborasi segala pihak/pemangku kepentingan. Kolaborasi ini membutuhkan motivasi dan kerja keras yang beriringan untuk mengembangkan potensi ekonomi di dalam sepakbola. Besar harapan kita, industri sepak bola nasional semakin berkesinambungan dan berpengaruh positif kepada kesejahteraan para pihak yang menggeluti dan bukan hanya sebagai sarana hiburan belaka.

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami merupakan Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.