Ketua Komisi X DPR RI: Naturalisasi Harus Ditempatkan pada Substansi yang Tepat!

Ketua Komisi X DPR RI: Naturalisasi mesti Ditempatkan pada Substansi yang Tepat!

Jordi Amat legal diperkenalkan sebagai pemain baru klub asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim (JDT) pada Rabu (29/6). Hal hal yang demikian sontak menuai pro dan kontra bagi publik sepakbola Indonesia. Pro dengan alasan JDT merupakan klub yang bagus, dan ada yang kontra karena proses naturalisasinya akan percuma karena sang pemain malah bermain di liga yang dekat dengan Indonesia. Pernyataan lain, bila Jordi telah “habis” di Eropa.

Pernyataan kritis pun datang dari Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda. Dalam unggahan akun Instagram pribadinya, @Syaifulhooda, hari Rabu 29 Juni 2022, ia mengunggah tulisan tangan dengan pesan, “aku sependapat naturalisasi Jordi Amat dibatalkan kita meminta STY dan Kemenpora bersikap tegas,”

Dalam wawancaranya dengan Panditfootball, hari Kamis (30/6), Huda menjelaskan sebelum Jordi Amat bergabung dengan JDT, dengan segudang pengalamannya di Eropa, Jordi diharapkan sebagai pemain yang cakap meningkatkan kualitas pemain Indonesia.

“tak hanya prestasi, minimal bisa meningkatkan kualitas Indonesia terpenting kepada generasi-generasi selanjutnya. Mengingat bila mayoritas skuad Indonesia ketika ini dihuni pemain muda bentang panjang,” ujarnya.

Politisi PKB inipun menambahkan “Pemain naturalisasi tak sepenuhnya bisa disalahkan, namun sebuah sistem dan roadmap dari alur naturalisasi perlu dimatangkan, supaya bisa diukur seberapa sukses naturalisasi yang dijalankan oleh Timnas Indonesia.”

“Di sisi lain, para pemain naturalisasi sebetulnya tak bisa sepenuhnya disalahkan, PSSI dan Kemenpora lah yang perlu membenahi peta jalan supaya sepakbola meraih prestasi” kata Huda.

Huda menginginkan naturalisasi yang ditempatkan pada substansi yang tepat. Pemain naturalisasi mesti mempunyai kedudukan yang spesial sebagai pemain yang mempunyai pengalaman dan kecakapan yang lebih dibanding pemain lokal.

“aku memandang dari sisi sports governance. telah 35 pemain sepakbola yang dinaturalisasi, namun prestasi sepakbola kita masih semacam itu-semacam itu saja. Artinya kebijakan naturalisasi yang dipercaya untuk meraih prestasi cepat, perlu dikaji ulang,” ujar Huda.

Baca juga:  Kekalahan Tim nasional Indonesia U-19 dari Universitas Yeungnam Mirip Period Witan Sulaeman Cs, Akankah Berjaya? : Bola Okezone


Proses naturalisasi Jordi Amat perlu melewati proses politik. Hari ini, permohonan dari naturalisasi Jordi Amat telah masuk ke DPR RI. Hal ini berdasarkan Surat Presiden RI Nomor R26 tertanggal 17 Juni 2022.

Keputusan naturalisasi Jordi Amat akan ditentukan oleh Komisi III DPR dan Komisi X DPR. Secara personal, Huda dalam posisi menolak naturalisasi Jordi Amat. “Keputusan naturalisasi diputuskan secara kelembagaan dan melibatkan banyak pihak,” ujar Huda.

Perlu diketahui, naturalisasi di Indonesia mulai kencang ketika Cristian Gonzales memutuskan untuk mengikrarkan diri menjadi warga negara Indonesia pada tahun 2010. Itu artinya, Indonesia telah menjalankan naturalisasi selama 12 tahun lamanya. bila pada ketika itu naturalisasi untuk bentang pendek, hasilnya belum ada yang bisa dipetik hingga kini.

12 tahun, dan kurang lebih 36 pemain naturalisasi Indonesia belum bisa membawa pulang prestasi bagi Timnas Indonesia di sepakbola. malahan hingga kini, Indonesia belum cakap menyamai prestasi kala bertanding di SEA Games 1987 dan 1991. Kala itu, Indonesia sukses mempersembahkan emas bagi Indonesia. “12 tahun naturalisasi berjalan, prestasi sepakbola kita demikian ini-demikian ini saja”

SEA Games 1991, menjadi prestasi terakhir Indonesia di level Asia Tenggara, itupun skuad Indonesia murni lokal tanpa pemain naturalisasi. 31 tahun lamanya Timnas Indonesia (sepakbola) tak membawa pulang prestasi bagi bangsa. Huda menunjang penuh Timnas Indonesia supaya segera berprestasi.

Dengan atau tanpa naturalisasi, Huda menyebut naturalisasi yang bagus ialah menguntungkan Indonesia untuk bentang pendek, ataupun panjang.

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami ialah Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.