Ketua Komisi X DPR RI Meminta Piala Presiden 2022 Dihentikan

Ketua Komisi X DPR RI Meminta Piala Presiden 2022 Dihentikan

laga yang mempertemukan Persib Bandung melawan Persebaya Surabaya, hari Jumat (17/6), di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menelan dua korban jiwa atas nama Sopiana Yusup (Bogor) dan Ahmad Solihin (Cibaduyut). berdasarkan Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Aswin Sipayung, korban meregang nyawa diakibatkan keadaan yang berdesakan di luar Stadion ketika hendak memasuki pintu masuk. Kedua korban sempat dilarikan ke Rumah Sakit sebelum dinyatakan meninggal.

Kelalaian Panitia Pelaksana

Panitia Pelaksana (Panpel) tak bisa membendung ledakkan volume suporter yang hadir di stadion. hasilnya, keadaan di luar stadion penuh sesak dan tersendat di pintu masuk. Saling dorong mendorong dan penonton yang terburu-buru masuk tak terhindarkan, menyebabkan sejumlah penonton terhimpit dan tergencet.

Permasalahan ticketing telah menjadi masalah yang akut. Penonton tanpa karcis masih bisa merangsek masuk ke dalam stadion. Ini terbukti dari jumlah penonton yang memenuhi tribun penonton sebanyak lebih dari 37 ribu penonton, dari jatah karcis yang dijual sebanyak 15 ribu kursi.

mengamati masalah hal yang demikian, sebetulnya ada beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, ada penonton yang masih memaksakan hadir walau tanpa karcis, atau penonton hal yang demikian bisa masuk secara “hanya-hanya” karena main mata dengan penjaga pintu/gerbang masuk atau kelalaian penjaga pintu/gerbang masuk.

Banyak suporter datang dengan euforia besar untuk menyokong tim kesayangannya. Apalagi, di Indonesia ketika ini kembali bisa dihadiri penonton setelah dua tahun penonton tak diperkenankan hadir di stadion. Kini, rasa haus puluhan ribu suporter hini melepas dahaganya dengan menonton tim kesayangannya. Wajar bila ledakkan volume suporter itu pecah.

Ketika itu terjadi, himbauan ataupun edukasi seakan tak digubris, karena suporter hanya ingin, “yang penting aku bisa nonton tim kesayangan aku”. Penonton bertiket dan tak bertiket berkumpul di sekitaran stadion dengan tujuan yang sama, “menonton tim kesayangannya”.

Baca juga:  Hasil Piala AFF Futsal 2022: Cukur Habis Brunei Darussalam, Thailand Menang 13 Gol Tanpa Balas : Liga Judi

kenapa penonton tak bertiket turut serta hadir? karena kemungkinan mereka masuk itu ada dan ini terjadi secara berulang tiap-tiap laga, pun ini menjadi masalah yang akut. Seperti di pembahasan alinea ke-3, pun di laga hal yang demikian jumlah kapasitas stadion tak pantas dengan ketentuan.

Ledakkan suporter tak bisa dihindari, seharusnya Panitia Pelaksana laga telah mengetahui itu dengan persiapan pengamanan yang maksimal. Apalagi laga ini (Persib vs Persebaya) menjadi laga yang besar bagi kedua tim dan masing-masing suporternya mempunyai hubungan cukup erat. Pembagian ring satu, dua, tiga, kemudian jalan masuk masuk, hingga mitigasi seharusnya butuh dipertimbangkan dan direncanakan dengan bagus.

Hak Istimewa Suporter


Suporter yang berniat menyaksikan laga dengan membeli karcis laga dan mengalami kesulitan dalam memasuki stadion, apalagi berdesakan yang bisa menyebabkan luka, pun meninggal. Keamanan serta keselamatan merupakan hak bagi seseorang dalam menyaksikan suatu gelaran olahraga.

Dalam Pasal 54 No. 11 Tahun 2022 skor (5) huruf b dan c Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional, menyebutkan suporter memperoleh fasilitas yang pantas dengan nilai karcis masuk; dan Mendapat jaminan keselamatan dan keamanan.

Hari ini penyelenggaraan penyisihan Grup C Piala Presiden 2022 berpindah dari GBLA ke Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. Ini berdasarkan rekomendasi Kepolisian tempat Jawa Barat dan permohonan rekomendasi izin kegiatan dari PT Persib Bandung Bermartabat. Kemudian ini pun mengacu pada Regulasi Piala Presiden 2022, Pasal 13 skor enam (6) perihal Lapangan Permainan yang memuat:

“Dalam hal terjadi hal-hal yang mengakibatkan salah satu dari stadion hal yang demikian tak bisa dipergunakan, karenanya OC (Organizing Committee) berhak untuk menetapkan stadion substitusi dengan memperhatikan aspek kualitas serta keamanan.”

Baca juga:  Hasil Last Liga 3 2021-2022: Tumbangkan Putra Delta Sidoarjo through Adu pinalti, Karo United Kampiun Liga 3 : Liga Judi

Evaluasi Menyeluruh dan Hentikan Piala Presiden

Secara khusus, ini seharusnya menjadi evaluasi besar bagi pengurus pelaksana laga Persib vs Persebaya, secara khusus tertuju pada PT PBB yang memegang hak sebagai penyelenggara tuan rumah Grup C, kota Bandung.

Secara luas, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) pun mengevaluasi apa yang telah terjadi. Pun, PSSI dan LIB didesak oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali untuk mengusut peristiwa itu. pun, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda meminta gelaran Piala Presiden 2022 untuk dihentikan.

Dalam wawancaranya bersama CNN Indonesia, Senin (20/6), Syaiful Huda memaparkan, “aku kira untuk dihentikan dahulu (Piala Presiden) dan dievaluasi. Dipastikan standar keamanan di stadion clear, jaminan keselamatan suporter clear, baru aku kira dibuka kembali (persaingan).” ujar Syaiful.

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami merupakan Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.