Kesadaran Sejarah Melalui Jersey Persiba Bantul

Kesadaran Sejarah Melalui Jersey Persiba Bantul

Sepakbola merupakan olahraga yang telah semenjak lama tumbuh dan dikenal oleh beberapa besar masyarakat. Di Indonesia, sepakbola merupakan olahraga yang cukup populer bagus dalam permainan olahraga ataupun perihal mensupport suatu tim. Yogyakarta misalnya, salah satu kota besar di Indonesia yang menjadi saksi perjuangan lahirnya federasi sepakbola Indonesia ini mempunyai tiga klub yang bisa dikatakan mempunyai nama dan jumlah pendukung yang cukup fanatik, yaitu PSIM Jogjakarta , PSS Sleman, dan Persiba Kabupaten Bantul.

Membahas perihal Persiba dengan Kabupaten Bantul-nya, secara geografis merupakan bagian dari Provinsi tempat Istimewa Yogyakarta (DIY) yang berada di selatan kota Yogyakarta. Klub yang lahir pada tanggal 21 September 1967 ini mempunyai perjalanan panjang yang cukup mengesankan. Mulai pada tahun 2004-2005, Tim Nasional Indonesia U-19 dititipkan di Persiba. Hingga puncaknya di tahun 2011, klub kebanggan masyarakat Bantul ini, keluar menjadi juara divisi utama setelah menumbangkan Persiraja Banda Aceh di Manahan Solo.

Layaknya klub sepak bola pada umumnya, Persiba juga mempunyai pendukung atau suporter yang fanatik, misalnya Paserbumi, Curva Nord Famiglia, RUF dan Panjerpentul yang mempunyai beragam cara dalam mensupport klub, namun mempunyai satu tujuan, untuk Persiba.

Dalam sepakbola sesama individu yang mempunyai ketertarikan pada suatu nilai yang terkandung dalam suatu tim, bisa membuka jalan terbentuknya identitas kelompok yang biasa disebut sebagai fans club. Nilai-nilai ketertarikan individu, yang tengah mengerjakan observasi kepada dirinya dan sepakbola, lazimnya terkait dengan harga diri, pelarian dari kehidupan sehari-hari, atau sekedar sebagai hiburan.

Suporter yaitu suatu format kelompok sosial yang secara relatif tak teratur dan juga terjadi karena ingin memandang sesuatu. Suporter sepakbola yaitu kerumunan yang mana bisa diartikan sebagai sejumlah orang yang berada di tempat yang sama,. Ada kalanya juga tak mengetahui satu sama lain. Kerumunan semacam ini, hampir sama dengan khalayak penonton karena adanya pusat perhatian yang sama sebagai perkumpulan kelompok orang dalam memberi dukungan sekaligus motivasi untuk sebuah tim.

Baca juga:  Taisei Marukawa juga Carlos Fortes Gabung, PSIS Semarang Pemenang Liga 1 2022-2023? : Liga Judi

Dalam hal ini, suporter mempunyai banyak cara dalam mensupport klub kebanggan mereka, bagus secara segera ataupun tak. Secara segera misalnya, datang segera ke stadion untuk merasakan jalannya lomba. Sementara secara tak segera bisa merasakan lomba dari media, misalnya melalui siaran media sosial, situs web, TV streaming, podcast, dan media lainnya. Namun ada hal yang unik dikerjakan beberapa suporter di Indonesia, salah satunya yaitu adanya kelompok sosial yang bergerak dalam bidang pengumpulan arsip. Uniknya, arsip yang dikumpulkan bukanlah berbentuk, tulisan, ataupun foto, melainkan dari jersey.

Jersey merupakan pakaian atau seragam yang dikenakan oleh pemain dalam lomba di sebuah klub. Ada beberapa macam motif dan warna jersey yang menggabarkan identitas sebuah klub. Jersey juga bisa dikenakan oleh para pendukungnya.

https://www.instagram.com/p/CGT0s8ADgGn/?igshid=YmMyMTA2M2Y=

Panjerpentul (Pandemen Jersey Persiba Bantul) salah satu kelompok sosial pecinta jersey yang secara kolektif mengumpulkan jersey Persiba dari tahun ke tahun. kelompok sosial yang berdiri pada tahun 2015 ini, mempunyai jumlah member 20 orang dari unsur suporter Persiba. Pecinta Persiba ini mempunyai satu tujuan, yakni menjaga dan merawat sejarah dari jersey sebagai mana mestinya. Di Indonesia sendiri, klub-klub yang memperhatikan hal-hal seperti ini tidaklah cukup banyak. malahan (mungkin) tak ada sama sekali. Bangga, loyal,dan menjaga, yaitu tagline yang dimiliki kelompok sosial ini. Yaitu dengan harapan tetap bangga, loyal, dan menjaga Persiba.

Ruang kolektif sebagai suporter, fanatisme yang tak bisa terbendung, serta keributan suporter dalam mensupport klub, pasti sering terjadi. Panjerpentul mempunyai harapan dengan adanya kelompok sosial ini cakap mengurangi hal-hal negatif dalam fanatisme supporter. Juga merawat sejarah yang entah hingga kapan Mendapat perhatian dari manajemen klub.

Baca juga:  Jadwal Perempatfinal Liga Champions 2021-2022: Duel Raksasa Inggris vs Spanyol: Liga Judi


Capaian Panjerpentul pernah mengadakan pameran di tahun kedua komunitasnya dengan tajuk sejarah dan pandangan baru. Dalam pameran yang diadakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Persiba. Panjepentul mempunyai harapan memperkenalkan jersey atau seragam Persiba dari tahun ke tahun dan mengajak para suporter untuk lebih menghargainya dengan cara mengajak membeli jersey asli klub ini.

Simak segala tulisan perihal Persiba Bantul dengan klik di sini

Sumber Foto: Bola.com

perihal Penulis

Nama: Ari Wijanarko

Pekerjaan: Mahasiswa

Akun Twitter: @ariwriw

Nomor HP: 08973760022

Nikmati kemenangan judi bola dengan odds terbaik di Liga Judi. Karena kami yaitu Agen SBOBET terpopuler di Indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.