Tokyo Verdy kelak mengingat 16 Februari 2022 sebagai hari di mana mereka berhasil berubah jadi salah satu klub Jepang paling populer di media sosial terlepas sudah standing penghuni divisi dua yang sudah bertahan lebih dari satu dekade. Mengumumkan kedatangan bek kiri Indonesia Pratama Arhan dari PSIS Semarang, klub divisi dua Jepang tersebut berhasil meraup lebih dari 100 ribu pengikut baru di akun ofisial Instagram mereka. Dari 43.300 pengikut saat pertama Arhan diumumkan (10.00 WIB) menjadi 185 ribu pada 21.00 WIB. Hanya kalah dari Vissel Kobe (279.000 pengikut).

Peningkatan jumlah pengikut yang dialami Tokyo Verdy balik membuktikan kekuatan netizen Indonesia sebagai salah satu raksasa dunia digital. Menurut knowledge Digital Advertising and marketing Institute yang diambil pada Januari 2021, dibanding negara Asia lainnya, Indonesia merupakan negara paling aktif di media sosial. Duduk di peringkat sembilan dunia dengan menghabiskan rata-rata tiga jam serta 14 menit setiap harinya.

Statista bahkan memprediksi Indonesia kelak menjadi salah satu negara dengan perkembangan media sosial terbesar keempat pada 2026. Hanya kalah dari Amerika Serikat, India, serta Tiongkok. Selain mengantongi jumlah yang banyak di media sosial secara keseluruhan, Indonesia pula dipenuhi penikmat sepakbola. “Bulutangkis adalah olahraga paling berprestasi, tapi sepakbola tetap paling populer,” saya Nakhoda Grup nasional Indonesia Shin Tae-yong.