OPPO Rilis Smart TV Pertamanya OPPO TV S1 dan OPPO TV R1

Posted on

OPPO Rilis Smart TV Pertamanya OPPO TV S1 dan OPPO TV R1 – Beberapa waktu lalu OPPO sudah menggoda banyak penggemar gadget lewat posternya yang memperlihatkan bahwa mereka akan segera merilis smart TV. Akhirnya, OPPO menepati janjinya dengan memperkenalkan smart TV pertamanya, OPPO TV S1 dan OPPO TV R1.

OPPO Rilis Smart TV Pertamanya OPPO TV S1 dan OPPO TV R1

OPPO TV S1 adalah model premium dengan panel QLED dan hanya hadir dalam satu varian ukuran yaitu 65 inci. Sementara, OPPO V R1 datang dalam dua model ukuran yaitu 55 inci dan 65 inci. Kedua model smart TV pertama OPPO tersebut baru dipasarkan di Cina.

OPPO TV S1 yang datang dengan panel OLED berukuran 65 inci memiliki resolusi 4K (3.840 × 2.160 piksel). Dalam acara peluncuranya, OPPO mengklaim bahwa panel layar yang digunakannya itu mencakup 120% color gamut NTSC dan menawarkan puncak kecerahan hingga 1.500 nits.

Datang dengan panel QLED, layarnya juga sudah mendukung local dimming dengan 210 partisi. Selain itu, seperti kebanyakan televisi saat ini, panel ini juga dilengkapi dengan refresh rate 120Hz bersama dengan dukungan untuk VRR (refresh rate variabel 48Hz – 120Hz) dan MEMC.

Sedangkan untuk audio, OPPO telah menggandeng Dynaudio untuk menyertakan 18 speaker dengan output suara 85W dan kanal 5.1.2. Berdasarkan spesifikasi yang ditawarkan, konsumennya sepertinya tidak lagi perlu keluar uang untuk membeli sistem speaker terpisah.

Selain itu, TV ini juga sudah dilengkapi dengan mikrofon jarak jauh untuk asisten suara Breeno dan kamera pop-up untuk panggilan video. Yang lebih menarik, televisi unggulan OPPO ini telah dibekali chipset MT9950 dari MediaTek yang dipasangkan dengan RAM 8,5 GB dan penyimpanan internal 128 GB.

Berbicara mengenai perangkat lunak

OPPO TV S1 sudah berjalan dengan antarmuka ColorOS dan memiliki dukungan untuk platform streaming lokal di Cina seperti Tencent, Youku, Mango, dan iQiyi. Fitur lainnya termasuk HDMI 2.1, WiFi 6, remote control NFC dan OPPO Share.

Untuk memfilter cahaya biru yang dipancarkan oleh layar TV ini, OPPO TV S1 telah disertifikasi oleh TÜV Rheinland. Daya tarik lainnya, OPPO juga telah memperkaya TV ini dengan dukungan Dolby Vision, Dolby Atmos, dan dukungan pemutaran video 8K. OPPO TV S1 dijual dengan harga 7.999 Yuan atau setara dengan Rp17,5 juta.

Bagi konsumen yang tertarik membeli OPPO TV R1, TV ini datang dengan panel LCD 4K yang dipercantik LED sebagai lampu latar belakang. Seperti yang sudah disebutkan, TV ini datang dalam dua ukuran, yakni 55 inci dan 65 inci. Rasio screen-to-body mencapai 96% dan mencakup 93% color tone DCI-P3.

Tidak seperti model yang lebih mahal, layarnya tidak mendukung kecepatan refresh 120Hz, namun dilengkapi dengan MEMC. Lebih lanjut, TV ini didukung oleh chipset MTK9652 yang kurang kuat tetapi masih mendukung pemutaran video 8K. RAM dan ROM masing-masing adalah 2 GB dan 32 GB.

Fitur lain dari televisi ini termasuk HDMI 2.1, WiFi 6, filter cahaya biru yang disertifikasi oleh TÜV Rheinland, speaker. 20W dengan Dolby Audio, remote control NFC dan OPPO Share, kamera pop-up, mikrofon jarak jauh, serta ColorOS sebagai sistem operasinya.

Untuk harganya, OPPO TV R1 55-inci dijual seharga 3.299 Yuan atau sekitar. Rp7,3 juta dan ukuran 65 inci ditawarkan dengan harga 4.299 Yuan atau setara Rp9,5 juta. Sayangnya OPPO belum menginformasikan lebih lanjut kapan smart TV pertamanya ini akan dipasarkan keluar Cina.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *