Incaran Baru Para Fanboy Android 11 yang Makin Multimedia dan iPhone 12 yang Tanpa Pengecas

Posted on

Incaran Baru Para Fanboy Android 11 yang Makin Multimedia dan iPhone 12 yang Tanpa Pengecas – Saya termasuk terbelakang dalam urusan smartphone. Dahulu sewaktu ramai ponsel BlackBerry dengan BlackBerry Messengernya yang hits di Indonesia, saya masih pakai Sony Ericsson Aspen bersistem operasi Windows Mobile.

Incaran Baru Para Fanboy Android 11 yang Makin Multimedia dan iPhone 12 yang Tanpa Pengecas

Incaran Baru Para Fanboy: Android 11 yang Makin Multimedia dan iPhone 12 yang Tanpa Pengecas

Sebelumnya ketika Nokia Pisang disusul Nokia 3210 dan Nokia 3310 meledak di pasaran, saya juga tidak memegang ponsel sejuta umat itu. Saya pakai ponsel Ericcson T28 lalu Ericsson A1018. Kemudian ketika Android mulai booming, saya malah pakai BlackBerry. Sewaktu BlackBerry sangat populer di Indonesia, iPhone sudah punya pengguna setianya sendiri. iPhone fanboy dan BlackBerry fanboy kerap berdebat di forum diskusi Kaskus untuk menjagokan smartphone mereka dan saling menjatuhkan lawan masing-masing.

Fanboy adalah sebutan untuk seseorang yang fanatik terhadap merek atau produk teknologi tertentu. Adik-adik saya termasuk pengguna fanatik Apple sejak iPhone 5 muncul. Mereka punya hampir semua produk keluaran Apple Inc termasuk MacBook, iMac, iPod, juga membayar biaya iCloud dan iTunes. Sekarang mereka pakai iPhone X dan berencana ganti ke iPhone 12 jika telah resmi dijual di Indonesia.

Hanya saja, iPhone 12 mendapat kritik pedas dari netizen, termasuk di Indonesia, yang mengatakan wujud iPhone 12 hanyalah penggabungan dari iPhone 5 dan iPhone 11, jadi bentuknya terlihat aneh. Entah mereka ini pengguna iPhone betulan atau tidak, karena jarang sekali ada pengguna iPhone mengkritik produk keluaran Apple seaneh dan secacat apapun barang tersebut.

Apalagi iPhone 12 mengusung teknologi 5G dan chip A14 Bionic

Chip ini adalah chip 5-nanometer pertama di industri smartphone dan diklaim 50 persen lebih cepat dari chip ponsel di seluruh dunia. Ponsel ini juga hadir tanpa pengecas alias charger. Hmm, bagaimana mengisi daya kalau tidak ada charger? Anda bisa pakai charger iPhone yang lama, beli charger baru, atau pakai pengecas nirkabel bernama MagSafe.

Saya kutip dari theverge.com, MagSafe adalah aksesori magnet buatan Apple Inc yang digunakan untuk mengecas secara nirkabel. Tinggal tempel, daya di iPhone 12 akan segera terisi, jadi tidak repot membawa kabel dan kepala charger kemana-mana juga tidak makan tempat. Waduh, kalau iPhone 12 bisa ngecas tanpa kabel, apa fanboy Android panas karena rival mereka punya produk yahud? Tidak, dong. Android juga meluncurkan sistem operasi terbaru mereka berseri 11.

Android 11 punya delapan fitur baru, diantaranya built-in screen recorder, notifikasi dikumpulkan jadi satu sesuai aplikasi, izin app permission sementara, kontrol media, emoji baru, screenshot panjang, mengubah tampilan picture-in-picture, dan akses ke mini game. Yang paling seru, mungkin, Android 11 bisa multitasking mirip seperti di komputer.

Dibanding Android, iPhone dikenal punya pengguna yang lebih fanatik karena pengguna iPhone

Menganggap ponsel mereka lebih aman dari serangan virus, malware, dan pembajakan serta pembobolan data. Pemakai Android sering menganggap pengguna iPhone sombong hanya karena harga iPhone lebih mahal dari Android. Sebaliknya, iPhone fanboy menganggap Android tidak ada apa-apanya dibanding iPhone.

Statista.com menunjukkan bahwa per Agustus 2020, pengguna Android mencapai 90% dari total pengguna smartphone. Tidak heran, karena banyak pilihan dan harganya pun macam-macam. Ini berarti pengguna iPhone hanya secuil saja jumlahnya. Secuil berarti langka dan eksklusif, begitu kata para iPhone fanboy. Hemm~, mungkin.

Urusan keamanan data, ponsel Android keluaran terbaru seperti Google Pixel 2, Samsung Galaxy S9, atau. Huawei P20 Pro kini juga makin sulit dibobol hacker, menurut aparat keamanan di Texas, AS. Biasanya penegak hukum di negeri Paman Sam menggunakan teknologi dari perusahaan Cellebrite untuk membuka ponsel para pelaku kejahatan. Tapi kini membuka ponsel Android lebih sulit dari iPhone.

Lagipula meski Android atau iPhone sulit dibobol bukan berarti aman sepenuhnya dari para pembobol data, mereka tetap bisa menjebol walau butuh waktu lebih lama. Itupun hanya di ponsel Android keluaran terbaru. Apakah Anda salah satu pengguna fanatik iPhone atau mau beralih dari iPhone ke Android? Kalau punya uang sih bebas saja, mau beli ponsel Vertu pun tidak masalah ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *