Bukan Snapdragon 875, Tapi Qualcomm Ngenalin Snapdragon 888

Posted on

Bukan Snapdragon 875, Tapi Qualcomm Ngenalin Snapdragon 888 – Qualcomm Annual Tech Summit secara resmi digelar 1 Desember 2020 dan pengumuman terbesar adalah peluncuran Snapdragon 888 Mobile Platform. Ya! Bukan Snapdragon 875 seperti yang disebutkan dalam sejumlah bocoran yang beredar beberapa bulan belakangan ini.

Bukan Snapdragon 875, Tapi Qualcomm Ngenalin Snapdragon 888

Qualcomm juga menyebutkan bahwa mobile platform penerus Snapdragon 865 itu akan jadi “otak” pada sejumlah smartphone flagship yang hadir di tahun 2021 nanti, termasuk Xiaomi, Samsung, LG dan Sony. Snapdragon 888 sendiri dibuat oleh Qualcomm melalui teknologi proses 5nm.

Tidak seperti chipset 5G seri 800 Qualcomm sebelumnya, yang satu ini hadir dengan modem terintegrasi, generasi ke-3, Snapdragon X60 5G 5nm. Qualcomm menegaskan bahwa modem baru ini menghadirkan kompatibilitas global 5G untuk mmWave dan sub-6 band di seluruh dunia.

Selain itu, modem baru ini juga telah mendukung jaringan multi-SIM, SA dan NSA global, dan Dynamic Spectrum Sharing. Daya tarik lainnya, chipset andalan ini juga hadir dengan AI Engine generasi ke-6 yang terbaru, sehingga mampu membawa lompatan yang cukup besar, yakni mencapai 26 TOPS dibandingkan dengan generasi terakhir.

Snapdragon 888 juga dilengkapi dengan Qualcomm Sensing Hub generasi ke-2 yang “menggabungkan pemrosesan AI yang selalu aktif dengan daya rendah untuk fitur-fitur cerdas yang intuitif”. Selain itu, Qualcomm juga sudah meningkatkan kemampuannya dalam fotografi komputasi.

Dalam presentasinya Qualcomm mengatakan bahwa Snapdragon 888 ini memiliki Spectra ISP terbaru dengan kecepatan gigapiksel yang dapat menangkap foto dan video pada 2,7 gigapiksel per detik atau sekitar 120 foto pada 12 MP. Ini dikatakan lebih cepat hingga 35% dari generasi sebelumnya.

Lembar spesifikasi yang lebih lengkap mengenai Snapdragon 888 akan diinformasikan oleh Qualcomm pada hari ini, (2/12). Namun, siaran pers menyebutkan bahwa pabrikan smartphone berikut ini memberikan dukungan untuk Snapdragon 888:

ASUS
Black Shark
Lenovo
LG
MEIZU
Motorola
Nubia
realme
OnePlus
OPPO
Sharp
Vivo
Xiaomi
ZTE
Meskipun Qualcomm tidak secara spesifik mengatakannya, semua pabrikan yang disebutkan di atas akan mengumumkan kehadiran smartphone yang didukung oleh Snapdragon 888 di tahun mendatang. Ya! Jadi kita tunggu saja kehadiran smartphone flagship tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *